Untuk membuka suatu usaha, tentunya kita ingin tempat yang strategis donk. Lalu, tempat strategis itu apa sih? Apakah tempat yang ramai lalu lalang orang selalu dinamakan tempat strategis? Belum tentu, tempat strategis tidak harus tempat yang ramai, tempat – tempat yang sepi dan jauh dari keramaian juga bisa jadi tempat yang strategis, tentunya tergantung jenis usahanya.
Jika jenis usaha kita seperti warnet, wartel, warung nasi biasa, fotokopi, toko kelontong, usaha ini sangat cocok dengan lokasi yang ramai. Dan sebaiknya lokasi usaha adanya sebelah kiri, bukan di jalur cepat dan dua jalur. Karena kemudahan jangkauan sangat penting karena pelanggan semata – mata ingin memenuhi pokoknya.
Sedangkan untuk usaha rumah makan yang menjual suasana, tempat yang ramai tidak strategis, karena pelanggan bukan hanya ingin mengisi perut, tetapi juga ingin mencari suasana ketenangan dan kenyamanan. Untuk usaha ini, suasana pedesaan,pegunungan, dan pantai yang jauh dari kebisingan sangat tepat. Walaupun lokasinya sulit di jangkau, mereka akan tetap mendatanginya.
Ada tiga faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih lokasi usaha,
· Faktor keamanan
Lokasi usaha harus aman untuk melindungi bisnis dan pelanggan dari gangguan internal ataupun external. Contoh kecilnya jangan sampai pelanggan kehilangan barang berharganya saat mampir di tempat kita, atau kehilangan kendaraannya saat parkir dilokasi usaha kita.
· Faktor Kenyamanan
Suasana yang nyaman, bukan hanya akan membuat betah dan semangat kerja pemilik maupun karyawannya meningkat, tetapi juga akan membuat pelanggan kita betah berlama-lama di tempat kita. Dan secara otomatis, para pelanggan pun akan kembali lagi, bahkan mereka akan mempromosikan tempat usaha kita ke keluarga, teman, atau kerabat mereka.
· Faktor kemudahan jangkauan
Tempat usaha harus mudah di jangkau, baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Apalagi untuk usaha yang menyangkut kebutuhan pokok. Lokasi yang mudah dijangkau, akan mendekatkan kita dengan pelanggan.
Bagaimana, siap untuk buka usaha…??
Post a Comment